Cara memilih cat yang tepat

Di pasar kita bisa menemukan cat dari yang harga murah sampai dengan harga mahal. Ataupun cat yang terkenal sanpai dengan cat yang belum pernah kita dengar sebelumnya. Banyak cara produsen mengenalkan produk catnya mulai dari salesnya secara langsung atau melalui iklan. 

Pada televisi tentunya kita tidaklah asing melihat iklan cat yang tahan cuaca, anti bocor, warnanya tidak pudar dan lain sebagainya. Dengan banyaknya iklan yang bermunculan kita jadi bingung bagaimana caranya memilih cat yang tepat biar kita tidak termakan oleh iklan.


Tiap produk yang dikeluarkan oleh produsen cat pasti memiliki keunggulan tersendiri. Tinggal kita saja bagaimana menyesuaikan keunggulannya yang cocok dengan kebutuhan kita.
Pada dasarnya  cat dengan harga yang hampir sama memiliki kualitas yang sebanding dan tidak jauh berbeda. 


Ada beberapa faktor yang menjadikan cat bisa menjadi lebih mahal atau lebih murah dalam rentang kualitas yang hampir sama. Faktor tersebut diantaranya :

1. MERK
Cat dengan kualitas sama harganya bisa lebih mahal. Dan biasanya produsen dengan merk produk yang lebih terkenal berani melepas harga yang lebih tinggi.

2. TRANSPORTASI
Peredaran cat saat ini sudah cukup meluas sampai di daerah pelosok. Dengan jalur distribusi yang panjang ini juga mengakibatkan produk jadi sedikit lebih mahal.

3. WARNA
Pemilihan warna juga bisa mempengaruhi dari harga cat. Karena pigment warna tertentu lebih mahal dibandingkan dengan warna lainnya. Contoh : warna merah atau warna - warna cerah.

4. KEMASAN
Kemasan yang menarik akan lebih menonjol dibandingkan kemasan yang biasa. Kemasan yang lebih bagus akan meningkatkan cost production. Akan tetapi ada yang perlu kita ingat : Jangan melihat buku hanya dari sampulnya. Karena kemasan yang bagus belum tentu disertai dengan kualitas yang bagus pula. 

5. KUANTITAS
Sebelum membeli cat kita perlu memperhatikan kuantitas atau isi cat. Bisa jadi harga yang dijual lebih murah namun kuantitasnya lebiih sedikit. Sebagai contoh :
Cat kemasan galon ada yang isinya 2,5 liter, 4kg, 5kg. Kemudian cat kemasan pail ada yang isinya 20 liter, 20kg dan 25kg.

Yang perlu kita ingat bahwa berat jenis cat lebih dari 1. Maka dalam kemasan 1kg akan lebih berat di bandingkan dengan kemasan liter. Begitu pula sebaliknya. Kemasan 1 liter akan memiliki volume lebih banyak dibandingkan yang 1kg.

Jadi bisa saya simpulkan bahwa : 
  1. Cat dengan kemasan liter lebih babar atau daya sebar lebih banyak dibandingkan kemasan kg.
  2. Cat yang bagus adalah cat yang bisa menutup bidang dalam 2x lapis. Jadi tidak ditentukan oleh kental atau encernya cat tersebut. 
  3. Pilihlah cat sesuai dengan penempatannya. Apakah untuk interior atau untuk eksterior.  
Semoga artikel ini bisa membantu anda didalam memilih cat.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar