Menentukan kombinasi warna cat tembok

Ketika anda akan mendekorasi rumah, maka memilih kombinasi warna cat tembok adalah salah satu hal yang paling penting. Akan terasa menyenangkan bila warna yang kita pilih sesuai dengan karakter kita. Banyak artikel yang memberikan contoh - contoh hasil kombinasi warna, tetapi terkadang hal tersebut justru membuat anda semakin bingung dikarenakan banyaknya kombinasi warna yang ditawarkan.
Yang wajib kita perhatikan adalah kembali ke pribadi kita. Karena warna tidak hanya sekedar mewarnai. Tetapi warna memiliki nilai seni, nilai decorative, memiliki karakter, dan warna juga bisa memberikan suatu informasi. Untuk itu kita perlu mengetahui karakter dari sebuah warna sebelum memilih kombinasi warna.

1. Warna Putih
Putih menunjukkan kesucian, kebersihan, kesederhanaan, spriritualitas, kesempurnaan. Warna ini adalah warna netral yang dapat dipadukan dengan warna apapun. Bagi anda pecinta 'bersih', lapang dan simple , warna ini tentu sangat cocok untuk pilihan anda. Tetapi jangan berlebihan karena akan menimbulkan kesan yang pucat dan kaku. Sangat cocok untuk diaplikasikan pada dapur anda.

2. Warna Merah
Warna merah melambangkan kekuatan, energi, hasrat, erotisme, keberanian, simbol dari api, ketenaran, perjuangan, perhatatian, panas, kekerasan.  Anda dapat menggunakan warna ini pada ruang kerja, maupun ruang makan untuk memberikan mood nafsu makan. Warna merah akan dapat mengganggu apabila digunakan pada ukuran yang besar. 


3. Hitam
Wow.. hitam mampu memberikan kesan yang elegan, rapi, dan kokoh. Untuk memberikan perspektif dan kedalaman sangat tepat menggunakan warna ini. Sangat bagus menampilkan karya seni atau fotografi untuk penekanan pada warna- warna lain. Tidak direkomendasikan untuk diaplikasikan pada seluruh ruang karena akan memberikan kesan yang angker. Selain itu juga bisa mengundang banyak nyamuk.

4. Warna Biru
Warna biru laut atau biru langit mampu memberikan kesan luas, tenang dan teduh. Warna biru ini tidak meminta mata kita untuk memperhatikannya. Warna ini akan terasa lebih hidup bila dipadukan dengan warna tertentu. Seperti biru tua, putih, atau merah jambu untuk memberikan kesan retro.

5. Hijau
Warna yang menunjukkan alam, keteduhan, damai, kesuburan, muda, kesuksesan materi, keseimbangan, dan persahabatan. Warna ini bisa juga digunakan untuk menetralisir mata, relaksasi, menenangkan pikiran serta merangsang kreatifitas.


6. Kuning

Warna kuning bisa juga berarti imajinasi logis, energik, keceriaan, kehangantan, loyalitas, optomisme. Warna ini dapat merangsang aktivitas mental dan menarik perhatian.  

7. Ungu
menunjukkan pengaruh, kekuatan spiritual, pengetahauan yang tersembunyi, kebangsawanan, kepercayaan yang mendalam, ambisi, keajaiban dan harga diri.

8. Orange
Warna orange berarti kehangatan, antusiasme, pencapaian bisnis, karier, kesuksesan, daya tahan, kegembiraan. Disamping itu warna ini juga bisa memberikan kesan yang kuat pada elemen yang dianggap penting ( center point ).

9. Merah Muda.
Memiliki arti kasih sayang, cinta, persahabatan, kepercayaan, damai, perasan halus, perasaan manis, indah dan feminim. 

10. Coklat
Persahabatan,realistis,kedamaian, produktivitas, praktis, kerja keras. Warna coklat yang polos tanpa adanya tambahan gambar atau ornamen tertentu akan terasa hambar. Jadi warna ini harus didukung dengan ornamen lain yang menarik.

11. Abu - abu
mencerminkan kepandaian, tenang, serius, kesederhanaan, kedewasaan, konservatif, praktis, profesional, berkualitas, diam dan tenang. Banyak digunakan dalam rumah minimalis untuk memberikan kesan luas, asalkan tidak berlebihan.

12. Emas
Mencerminkan prestise ( kedudukan ), kemenangan, kegembiraan, arti, tujuan, bernilai tinggi, ingin diperhatikan.

Kombinasi warna seperti apa yang anda inginkan ? Semoga artikel ini bisa memberikan pencerahan baru dalam memilih warna sesuai karakter anda. Selamat memilih kombinasi warna cat.










Tidak ada komentar:

Posting Komentar